Monday, June 22, 2020

Model SAP Nihongo Kanko (Bahasa Jepang Pariwisata) Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Barat Tema Larang-Pantang


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)

Nama Bahan Kajian    : Larang-Pantang Konteks Sumatera Barat
Kode                           :
SKS                             : 2
Program Studi             : Pendidikan Bahasa Jepang
Pertemuan ke              : 2
Dosen                          : Hendri Zalman

Learning Outcomes (Capaian Pembelajaran) Mata Kuliah Terkait KKNI:
LO: Mahasiswa mampu menulis teks transaksional tentang larang-pantang di Sumatera Barat.

Soft Skill/Karakter: Aktif, kreatif, kolaboratif, komunikatif.

Materi Pembelajaran:
Materi pada pertemuan ini dikemas ke dalam topik utama “Larang-Pantang”. Topik ini dikembangkan berdasarkan kontekstual Minangkabau. Akan tetapi, ditulis dengan menggunakan bahasa Jepang. Oleh karena itu, “larang-pantang” ini tidak dibahas sebagai kerarifan lokal, hanya sebagai pengenalan beberapa aktivitas yang dilarang di wilayah budaya Minangkabau. Garis besar materi ini dikelompokkan menjadi; 1) teks model 1: teks transaksional tentang larang-pantang, 2) teks model 2: kalimat larangan, 3) konstruksi kebahasaan kalimat larangan dalam bahasa Jepang, 4) konstruksi teks teks transaksional larang-pantang dalam bahasa jepang.

1.      Teks Model 1: Teks Transaksional tentang Larang-Pantang (dalam bentuk poster 1)
A: あのう、すみません。
B: なに?
A: ここで~(ながら)~てはいけません。
B: どうしてですか。   
A: ぶんかのことです。
B: ええ。どうもありがとうございました。
A: いいえ。

2.      Teks Model 2: Kalimat Larangan (dalam bentuk poster 2)
1)      すわりながらあしをひろげてはいけません
Dilarang duduk mengangkang (khsus perempuan)
2)      たちながらたべてはいけません。
Dilarang makan berdiri.
3)      たちながらのんではいけませんん。
Dilarang minum berdiri.
4)      たべながらはなしてはいけません。
Dilarang berbicara ketika makan.
5)      ひだりてでバースをよんではいけません。
Dilarang menyetop mobil dengan tangan kiri.
6)      ひだりてでなにかをあげてはいけません。
Dilarang memberi dengan tangan kiri.
7)      ひだりてでなにかをもらってはいけません。
Dilarang menerima dengan tangan kiri.
8)      ひだりてでひとをさしてはいけません。
Dilarang menunjuk orang dengan tangan kiri.

3.      Konstruksi Kebahasaan Kalimat Larangan dalam Bahasa Jepang
1)      Kosa Kata
(1)   すわり(ながら)
(2)   たち(ながら)
(3)   たべ(ながら)
(4)   ひだりて()
(5)   あし()
(6)   バース()
(7)   なにか()
(8)   のんで
(9)   よんで
(10)                       ひろげて
(11)                       たべて
(12)                       はなして
(13)                       あげて
(14)                       もらって
(15)                       さして

2)      Pola Kalimat
(1)   ~ながら~て/ではいけません。
(2)   ~で~て/ではいけません。

4.      Konstruksi Teks Teks Transaksional Larang-Pantang dalam Bahasa Jepang
Pendahuluan
A: あのう、すみません。
B: なに?
Isi
A: ここで~(ながら)~てはいけません。
B: どうしてですか。   
A: ぶんかのことです。
Penutup
B: ええ。どうもありがとうございました。

Model Pembelajaran: Discovery Learning

Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Teknik Penilaian
Media Pembe
Lajaran
Pendahuluan
1.      Menyapa dengan salam
2.      Mengarahkan fokus dengan bertanya tentang “perjalanan ke daerah baru”
3.      Menjelaskan hubungan tanya-jawab dengan pelajaran pertemuan hari ini
1.      Manjawab salam
2.      Menjawab pertanyaan tentang perjalanan ke daerah baru.
3.      Memperhatikan


Penyajian
Stimulasi
1.      Memperlihatkan poster yang dilengkapi teks transaksional (poster 1).
2.      Membacakan teks transaksional.
3.      Membacakan teks transaksional sambil memeragakan adegan di poster 1


1.      Memperhatikan poster 1 dan teks transaksional.
2.      Mengucapkan teks transaksional mengikuti dosen.
3.      Memperhatikan poster 1 dan peragaan teks transaksional oleh guru.


Poster 1 dan model teks transaksional





Pernyataan/Identifikasi Masalah
4.      Membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok (5 orang/kelompok)
5.      Membagikan poster 1 berisi teks transaksional tentang larang-pantang yang didemonstrasikan pada kegiatan penyajian awal.
6.      Membagikan poster 2 bertuliskan kalimat larangan berbahasa Jepang ke masing-masing kelompok
7.      Membagikan gambar bertuliskan kosa kata dalam bahasa Jepang.
8.      Membagikan lembar kerja.
9.      Menjelaskan instruksi-instruksi di lembar kerja sebagai masalah sekaligus langkah penyelesaiannya.
10.  Mengecek pemahaman mahasiswa tentang instruksi-instruksi yang tertulis di lembar kerja dengan kegiatan tanya-jawab.


4.      Duduk bersama kelompok.
5.      Menerima poster 1 berisi teks transaksional tentang larang-pantang yang didemonstrasikan pada kegiatan penyajian awal.
6.      Menerima poster 2 bertuliskan kalimat larangan berbahasa Jepang.
7.      Menerima gambar bertuliskan kosa kata.
8.      Menerima lembar kerja dan mengecek kelengkapan lembar kerja.
9.      Memperhatikan.
10.  Menyampaikan pemahaman dan bertanya tentang instruksi-instruksi di lembar kerja.





-    Gambar dan kosa kata
-     Poster 2 dan  kalimat larangan
-     Lembar kerja

Pengumpulan data
Data unsur kebahasaan teks transaksional
11.  Mempersilahkan mahasiswa mengerjakan instruksi 1: perhatikan kalimat yang ada di poster 2, identifikasi kosa kata dalam kalimat di poster (lihat bagian yang berbeda)!
12.  Instruksi 2: tulis kosa kata yang teridentifikasi ke dalam lembar kerja!
13.  Instruksi 3: identifikasi dan tulis pola kalimat (lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster ke dalam lembar kerja!





Data struktur teks transaksional
14.  Instruksi 4: perhatikan teks transaksional, dekonstruksi struktur teks transaksional, temukan dan tuliskan bagian pembuka, isi, dan penutup dari teks transaksional ke dalam lembar kerja!



11.  Mengerjakan instruksi 1: memperhatikan kalimat yang ada di poster 2, mengidentifikasi kosa kata dalam kalimat di poster (lihat bagian yang berbeda).
12.  Mengerjakan instruksi 2, menuliskan kosa kata yang teridentifikasi ke dalam lembar kerja.
13.  Mengerjakan instruksi 3, mengidentifikasi dan menulis pola kalimat (lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster 2 ke dalam lembar kerja.



14.  Mengerjakan instruksi 4: mendekonstruksi teks transaksional, menuliskan bagian pembuka, isi, dan penutup,  di lembar kerja.



Unjuk kerja  



-    Gambar dan kosa kata
-     Poster 2 dan  kalimat larangan
-    Poster 1 dan teks transaksional
-     Lembar kerja

Pengolahan data
Data unsur kebahasaan teks transaksional
15.  Instruksi 5: perhatikan gambar bertuliskan kosa kata, cocokkan kosa kata pada gambar dengan kosa kata yang diidentifikasi pada instruksi 2, analisis dan tulis arti dari kosa kata di lembar kerja!
16.  Instruksi 6: analisis dan tulis arti kalimat (larangan) berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada instruksi 5 ke dalam lembar kerja!
17.  Instruksi 7: rumuskan dan tuliskan fungsi dan pola kalimat yang dianalisis pada instruksi 6 di lembar kerja!





Data struktur teks transaksional
18.  Instruksi 8; perhatikan poster 1 dan teks transaksional, analisis dan rumuskan isi dari bagian pembukaan, isi dan penutup teks transaksional.
19.  Instruksi 9: analisis dan tuliskan arti teks transaksional ke dalam lembar kerja!




15.  Mengerjakan instruksi 5:  memperhatikan gambar bertuliskan kosa kata, mencocokkan kosa kata pada gambar dengan yang diidentifikasi pada instruksi 2, menganalisis dan menuliskan arti kosa ke dalam lembar kerja.
16.  Mengerjakan instruksi 6: menganalisis dan menuliskan arti kalimat (larangan) berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada instruksi 5 ke dalam lembar kerja. 
17.  Mengerjakan instruksi 7: merumuskan dan menuliskan fungsi dan pola kalimat  ke dalam lembar kerja.


18.  Mengerjakan instruksi 8; memperhatikan poster 1 dan teks transaksional, menganalisis dan merumuskan isi bagian pembuka, isi, dan penutup teks transaksional.
19.  Instruksi 9: menganalisis dan menuliskan arti teks transaksional ke dalam lembar kerja.



Unjuk kerja



-    Gambar dan kosa kata
-     Poster 2 dan  kalimat larangan
-     Lembar kerja
-    Poster 2 dan teks transaksional

Pembuktian
20.  Meminta mahasiswa mempresentasikan hasil kerja kelompok (dari instruksi 4 hingga 9.
21.  Mengadakan sesi tanya-jawab
22.  Memberikan apresiasi dan penguatan.

20.  Mempresentasikan hasil kerja kelompok(dari instruks 4 hingga 9.
21.  Bertanya dan menanggapi
22.  Memperhatikan dan mencatat.

Lisan
Tulisan
Unjuk kerja



Lembar kerja

Generalisasi/Penyimpulan
23.  Meminta mahasiswa menyampaikan pemahamannya tentang materi yang dipelajari
24.  Meminta kesan mahasiswa tentang kerja kelompok yang dilakukan (refleksi)


23.  Menyampaikan pemahamannya tentang materi
24.  Menyampaikan kesan tentang kerja kelompok yang dilakukan (refleksi)

Lisan

Penutup
1.      Tugas (takehome): carilah sebuah poster larangan di dalaam bus, tulislah sebuah teks transaksional larangan berdasarkan poster tersebut!
2.      Memberikan motivasi dengan cerita tentang manner-poster di dalam kereta di Jepang.
1.      Mencatat tugas tentang mencari poster larangan di dalam bus dan menulis teks transaksional larangan.
2.      Memperhatikan




Rubrik Penilaian
Lisan
No
Pertanyaaan
Skor
1
2
3
4
1
Jelaskan konstruksi kalimat larangan dalam bahasa Jepang!




2
Jelaskan ciri verba dalam kalimat larangan bahasa Jepang!




3
Sebutkan 2 kalimat larangan dalam bahasa Jepang!




4
Mengapa hal (pertanyaan 2) itu dilarang?




5
Mengapa mengetahui larangan di suatu daerah itu penting?






Tulisan
No
Pertanyaan
Skor
1
2
3
4
1
Tulislah 4 kalimat larangan yang Anda temukan di kampus!




2
Terjemahkan kalimat larangan berbahasa Indonesia berikut ke dalam bahasa Jepang!
a.       Dilarang makan berdiri!
b.      Dilarang duduk di pintu!




3
Tulislah kalimat larangan berdasarkan gambar berikut ini!






















Sikap
No
           Indikator
           Sikap




Nama
Mahasiswa
Indikator Sikap
Nilai Total










1.      Ingin Tahu
2.      Percaya Diri
3.      Tanggung Jawab
4.      Disiplin
5.      Teliti
6.      Kerja Sama
7.      Mendengarkan Penjelasan
8.      Bertanya
9.      Menjawab
10.  Menanggapi
1












2













Rata-rata


Kinerja Diskusi
No
Fase
Deskripsi
Skor
1
2
3
4
5
1
Persiapan
Ketepatan makalah





Media presentasi (power point, chart)





2
Presentasi
Rancangan media presentasi





Ketepatan materi





Etika presentasi





3
Diskusi
Kebenaran jawaban





Etika berdiskusi







Lampiran 1: Lembar Kerja

Lembar Kerja
Topik: Larang-Pantang

Pengumpulan Data
1.      Instruksi 1: perhatikan kalimat yang ada di poster, identifikasi bagian yang berbeda (kosa kata) dalam kalimat di poster 2.
2.      Instruksi 2: tulis kosa kata yang teridentifikasi ke dalam tabel berikut ini!
Kata Benda
Kata Kerja
Kata Sifat
Partikel
Keterangan
Kopula
















3.      Instruksi 3: tulis kerangka/pola kalimat (lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster 2!
:~で~ながら~で/てはいけません。








4.      Instruksi 4: perhatikan poster 1 dan teks transaksional: dekonstruksi teks, tuliskan bagian pembuka, isi, dan penutup teks transaksional!
Pembuka




Isi







Penutup





Pengolahan Data
5.      Instruksi 5: perhatikan gambar bertuliskan kosa kata, sandingkan/cocokkan kosa kata pada gambar dengan yang diidentifikasi pada instruksi 2 (kosa kata yang teridentifikasi dari poster 2), analisis arti dari kosa kata, tulis di lembar berikut ini.
Kosa Kata
Arti














6.      Instruksi 6: analisis dan tulis arti kalimat yang tertulis di poster 2 berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada instruksi 5 di tabel berikut ini!
Kalimat Larangan
Arti



















7.      Instruksi 7: rumuskan dan tuliskan fungsi dan konstruksi dari kalimat pada poster 2 di tabel berikut ini!
Fungsi
Ciri-Ciri
Kalimat untuk menyatakan…..
Pola kalimat:
:
~で~で/てはいけません。




Kelas kata yang dimasukkan ke bagian kosong di pola kalimat
:
(kata benda tempat)で~(kata kerja)で/てはいけません。






8.      Instruksi 8; analisis dan tuliskan isi setiap struktur teks transaksional yang telah didekontruksi (lihat instruksi 4) di tabel berikut ini!
Rumusan isi bagian Pembuka
Sapaan

Permintaan izin/maaf


Rumusan isi bagian Isi
Larangan



Alasan



Rumusan isi bagian Penutup
Ucapan terima kasih




9.      Instruksi 9; perhatikan gambar dan teks transaksional, analisis dan tuliskan arti teks transaksional berdasarkan data yang telah di dapat dari instruksi 5 hingga instruksi 7 di tabel berikut ini!!
Teks Transaksional
Arti
















Lampiran 2: Media Pembelajaran
Poster 1 (Teks Transaksional)


Poster 2 (Kalimat Larangan)
たちながらたべてはいけません。

たちながらのんではいけませんん

すわりながらあしをひろげてはいけません

たべながらはなしてはいけません

ひだりてでたべてはいけません

ひだりてでなにかをあげてはいけません

ひだりてでバースをよんではいけません

ひだりてでなにかをもらってはいけません

ひだりてでひとをさしてはいけません



Gambar (Kosa Kata)
たち(ながら)

はなして

すわり(ながら)

(あしを) ひろげて

あし()

たべて/たべ(ながら)

あげて ― もらって

さして

のんで

ひだりて()


Lampiran 3: Tugas: Media untuk Tugas Take Home
Instruksi: Tulislah sebuah teks transaksional (larangan) berdasarkan gambar berikut ini!


No comments:

Post a Comment