SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
(SAP)
Nama
Bahan Kajian : Larang-Pantang Konteks
Sumatera Barat
Kode :
SKS : 2
Program
Studi : Pendidikan Bahasa
Jepang
Pertemuan
ke : 2
Dosen : Hendri Zalman
Learning
Outcomes (Capaian Pembelajaran) Mata Kuliah Terkait KKNI:
LO:
Mahasiswa mampu menulis
teks
transaksional tentang larang-pantang di Sumatera Barat.
Soft
Skill/Karakter: Aktif, kreatif, kolaboratif,
komunikatif.
|
Materi
Pembelajaran:
Materi pada pertemuan ini dikemas ke dalam topik utama “Larang-Pantang”. Topik ini dikembangkan berdasarkan kontekstual
Minangkabau. Akan tetapi, ditulis dengan menggunakan bahasa Jepang. Oleh karena
itu, “larang-pantang” ini tidak dibahas sebagai kerarifan lokal, hanya sebagai
pengenalan beberapa aktivitas yang dilarang di wilayah budaya Minangkabau.
Garis besar materi ini dikelompokkan menjadi; 1) teks model 1: teks transaksional tentang larang-pantang, 2) teks
model 2: kalimat larangan, 3)
konstruksi
kebahasaan kalimat larangan dalam bahasa Jepang, 4) konstruksi teks teks transaksional larang-pantang
dalam bahasa jepang.
1.
Teks Model 1: Teks Transaksional tentang Larang-Pantang
(dalam bentuk poster 1)
A: あのう、すみません。
B: なに?
A: ここで~(ながら)~てはいけません。
B: どうしてですか。
A: ぶんかのことです。
B: ええ。どうもありがとうございました。
A: いいえ。
2.
Teks Model 2: Kalimat
Larangan (dalam bentuk poster 2)
1)
すわりながらあしをひろげてはいけません。
Dilarang duduk
mengangkang (khsus perempuan)
2) たちながらたべてはいけません。
Dilarang makan berdiri.
3) たちながらのんではいけませんん。
Dilarang minum berdiri.
4) たべながらはなしてはいけません。
Dilarang berbicara ketika makan.
5) ひだりてでバースをよんではいけません。
Dilarang menyetop mobil dengan tangan kiri.
6) ひだりてでなにかをあげてはいけません。
Dilarang memberi dengan tangan kiri.
7) ひだりてでなにかをもらってはいけません。
Dilarang menerima dengan tangan kiri.
8) ひだりてでひとをさしてはいけません。
Dilarang menunjuk orang dengan tangan kiri.
3. Konstruksi
Kebahasaan Kalimat Larangan dalam Bahasa Jepang
1)
Kosa Kata
(1)
すわり(ながら)
(2)
たち(ながら)
(3)
たべ(ながら)
(4)
ひだりて(で)
(5)
あし(を)
(6)
バース(を)
(7)
なにか(を)
(8)
のんで
(9)
よんで
(10)
ひろげて
(11)
たべて
(12)
はなして
(13)
あげて
(14)
もらって
(15)
さして
2)
Pola Kalimat
(1)
~ながら~て/ではいけません。
(2)
~で~て/ではいけません。
4.
Konstruksi Teks Teks Transaksional Larang-Pantang
dalam Bahasa Jepang
Pendahuluan
A: あのう、すみません。
B: なに?
Isi
A: ここで~(ながら)~てはいけません。
B: どうしてですか。
A: ぶんかのことです。
Penutup
B: ええ。どうもありがとうございました。
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
Kegiatan
|
Kegiatan
Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Teknik
Penilaian
|
Media
Pembe
Lajaran
|
Pendahuluan
|
1. Menyapa dengan salam
2. Mengarahkan fokus dengan bertanya tentang
“perjalanan ke daerah baru”
3. Menjelaskan hubungan tanya-jawab dengan pelajaran
pertemuan hari ini
|
1. Manjawab salam
2. Menjawab pertanyaan tentang perjalanan ke daerah
baru.
3. Memperhatikan
|
|
|
Penyajian
|
Stimulasi
1. Memperlihatkan poster yang dilengkapi teks
transaksional (poster 1).
2. Membacakan teks transaksional.
3. Membacakan teks transaksional sambil memeragakan
adegan di poster 1
|
1. Memperhatikan poster 1 dan teks transaksional.
2. Mengucapkan teks transaksional mengikuti dosen.
3. Memperhatikan poster 1 dan peragaan teks
transaksional oleh guru.
|
|
Poster 1 dan model
teks transaksional
|
|
Pernyataan/Identifikasi
Masalah
4. Membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok (5
orang/kelompok)
5. Membagikan poster 1 berisi teks transaksional
tentang larang-pantang yang didemonstrasikan pada
kegiatan penyajian awal.
6. Membagikan poster 2 bertuliskan kalimat larangan
berbahasa Jepang ke masing-masing kelompok
7. Membagikan gambar bertuliskan kosa kata dalam
bahasa Jepang.
8. Membagikan lembar kerja.
9. Menjelaskan instruksi-instruksi di lembar kerja
sebagai masalah sekaligus langkah penyelesaiannya.
10. Mengecek pemahaman mahasiswa tentang
instruksi-instruksi yang tertulis di lembar kerja dengan kegiatan tanya-jawab.
|
4. Duduk bersama kelompok.
5. Menerima poster 1 berisi teks transaksional tentang
larang-pantang yang didemonstrasikan pada kegiatan penyajian awal.
6. Menerima poster 2 bertuliskan kalimat larangan
berbahasa Jepang.
7. Menerima gambar bertuliskan kosa kata.
8. Menerima lembar kerja dan mengecek kelengkapan lembar
kerja.
9. Memperhatikan.
10. Menyampaikan pemahaman dan bertanya tentang
instruksi-instruksi di lembar kerja.
|
|
-
Gambar dan kosa kata
-
Poster 2
dan kalimat larangan
-
Lembar kerja
|
|
Pengumpulan
data
Data
unsur kebahasaan teks transaksional
11. Mempersilahkan mahasiswa mengerjakan instruksi 1: perhatikan
kalimat yang ada di poster 2, identifikasi kosa kata dalam kalimat di
poster (lihat bagian yang berbeda)!
12. Instruksi 2: tulis kosa kata yang teridentifikasi ke
dalam lembar kerja!
13. Instruksi 3: identifikasi dan tulis pola kalimat
(lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster ke dalam lembar
kerja!
Data struktur teks
transaksional
14. Instruksi 4: perhatikan teks transaksional, dekonstruksi
struktur teks
transaksional, temukan dan tuliskan
bagian pembuka, isi, dan penutup dari teks transaksional ke dalam lembar
kerja!
|
11. Mengerjakan instruksi 1: memperhatikan kalimat yang
ada di poster 2, mengidentifikasi kosa kata dalam kalimat di poster (lihat bagian
yang berbeda).
12. Mengerjakan instruksi 2, menuliskan kosa kata yang
teridentifikasi ke dalam lembar kerja.
13. Mengerjakan instruksi 3, mengidentifikasi dan menulis
pola kalimat (lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster 2 ke dalam lembar kerja.
14. Mengerjakan instruksi 4: mendekonstruksi teks
transaksional, menuliskan bagian pembuka, isi, dan penutup, di lembar kerja.
|
Unjuk
kerja
|
-
Gambar dan kosa kata
-
Poster 2
dan kalimat larangan
-
Poster 1 dan teks transaksional
-
Lembar kerja
|
|
Pengolahan
data
Data
unsur kebahasaan teks transaksional
15. Instruksi 5: perhatikan gambar bertuliskan kosa
kata, cocokkan kosa kata pada gambar dengan kosa kata yang diidentifikasi
pada instruksi 2, analisis dan tulis arti dari kosa kata di lembar
kerja!
16. Instruksi 6: analisis dan tulis arti kalimat
(larangan) berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada instruksi 5 ke
dalam lembar kerja!
17. Instruksi 7: rumuskan dan tuliskan fungsi dan
pola kalimat yang dianalisis pada instruksi 6 di lembar kerja!
Data struktur teks
transaksional
18. Instruksi 8; perhatikan poster 1 dan teks
transaksional, analisis dan rumuskan isi dari bagian pembukaan, isi dan
penutup teks transaksional.
19. Instruksi 9: analisis dan tuliskan arti teks
transaksional ke dalam lembar kerja!
|
15. Mengerjakan instruksi 5: memperhatikan gambar bertuliskan kosa kata,
mencocokkan kosa kata pada gambar dengan yang diidentifikasi pada instruksi 2,
menganalisis dan menuliskan arti kosa ke dalam lembar kerja.
16. Mengerjakan instruksi 6: menganalisis dan menuliskan
arti kalimat (larangan) berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada
instruksi 5 ke dalam lembar kerja.
17. Mengerjakan instruksi 7: merumuskan dan menuliskan fungsi dan pola kalimat
ke dalam lembar kerja.
18. Mengerjakan instruksi
8; memperhatikan
poster 1 dan teks transaksional, menganalisis dan merumuskan isi bagian
pembuka, isi, dan penutup teks transaksional.
19. Instruksi 9: menganalisis
dan
menuliskan arti teks transaksional ke dalam lembar kerja.
|
Unjuk
kerja
|
-
Gambar dan kosa kata
-
Poster 2
dan kalimat larangan
-
Lembar kerja
-
Poster 2 dan teks transaksional
|
|
Pembuktian
20. Meminta mahasiswa mempresentasikan hasil kerja
kelompok (dari instruksi 4 hingga 9.
21. Mengadakan sesi tanya-jawab
22. Memberikan apresiasi dan penguatan.
|
20. Mempresentasikan hasil kerja kelompok(dari instruks
4 hingga 9.
21. Bertanya dan menanggapi
22. Memperhatikan dan mencatat.
|
Lisan
Tulisan
Unjuk
kerja
|
Lembar kerja
|
|
Generalisasi/Penyimpulan
23. Meminta mahasiswa menyampaikan pemahamannya tentang
materi yang dipelajari
24. Meminta kesan mahasiswa tentang kerja kelompok yang
dilakukan (refleksi)
|
23. Menyampaikan pemahamannya tentang materi
24. Menyampaikan kesan tentang kerja kelompok yang
dilakukan (refleksi)
|
Lisan
|
|
Penutup
|
1. Tugas (takehome):
carilah sebuah poster larangan di dalaam bus, tulislah
sebuah teks transaksional larangan berdasarkan poster tersebut!
2. Memberikan motivasi dengan cerita tentang manner-poster
di dalam kereta di Jepang.
|
1. Mencatat tugas
tentang mencari poster larangan di dalam bus dan menulis
teks transaksional larangan.
2. Memperhatikan
|
|
|
Rubrik
Penilaian
Lisan
No
|
Pertanyaaan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Jelaskan
konstruksi kalimat larangan dalam bahasa Jepang!
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan
ciri verba dalam kalimat larangan bahasa Jepang!
|
|
|
|
|
3
|
Sebutkan
2 kalimat larangan dalam bahasa Jepang!
|
|
|
|
|
4
|
Mengapa
hal (pertanyaan 2) itu dilarang?
|
|
|
|
|
5
|
Mengapa
mengetahui larangan di suatu daerah itu penting?
|
|
|
|
|
Tulisan
No
|
Pertanyaan
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Tulislah
4 kalimat larangan yang Anda temukan di kampus!
|
|
|
|
|
|
2
|
Terjemahkan
kalimat larangan berbahasa Indonesia berikut ke dalam bahasa Jepang!
a.
Dilarang makan
berdiri!
b.
Dilarang duduk
di pintu!
|
|
|
|
|
|
3
|
Tulislah
kalimat larangan berdasarkan gambar berikut ini!
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
|
|
|||||
Sikap
No
|
Indikator
Sikap
Nama
Mahasiswa
|
Indikator Sikap
|
Nilai
Total
|
|||||||||
1. Ingin Tahu
|
2. Percaya Diri
|
3. Tanggung Jawab
|
4. Disiplin
|
5. Teliti
|
6. Kerja Sama
|
7. Mendengarkan Penjelasan
|
8. Bertanya
|
9. Menjawab
|
10. Menanggapi
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
Kinerja
Diskusi
No
|
Fase
|
Deskripsi
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Persiapan
|
Ketepatan
makalah
|
|
|
|
|
|
Media
presentasi (power point, chart)
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Presentasi
|
Rancangan
media presentasi
|
|
|
|
|
|
Ketepatan
materi
|
|
|
|
|
|
||
Etika
presentasi
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Diskusi
|
Kebenaran
jawaban
|
|
|
|
|
|
Etika
berdiskusi
|
|
|
|
|
|
Lampiran
1: Lembar Kerja
Lembar Kerja
Topik: Larang-Pantang
Pengumpulan
Data
1. Instruksi
1: perhatikan kalimat yang ada di poster, identifikasi bagian yang berbeda
(kosa kata) dalam kalimat di poster 2.
2. Instruksi
2: tulis kosa kata yang teridentifikasi ke dalam tabel berikut ini!
Kata Benda
|
Kata Kerja
|
Kata Sifat
|
Partikel
|
Keterangan
|
Kopula
|
|
|
|
|
|
|
3. Instruksi
3: tulis kerangka/pola
kalimat (lihat bagian yang sama) dari seluruh kalimat pada poster 2!
例:~で~ながら~で/てはいけません。
|
4.
Instruksi 4:
perhatikan poster 1 dan teks transaksional: dekonstruksi teks, tuliskan bagian
pembuka, isi, dan penutup teks transaksional!
Pembuka
|
|
Isi
|
|
Penutup
|
|
Pengolahan
Data
5.
Instruksi 5:
perhatikan gambar bertuliskan kosa kata, sandingkan/cocokkan kosa kata pada gambar dengan yang
diidentifikasi pada instruksi 2
(kosa kata yang teridentifikasi dari poster 2), analisis arti
dari kosa kata, tulis di lembar
berikut ini.
Kosa Kata
|
Arti
|
|
|
6.
Instruksi 6:
analisis dan tulis arti
kalimat yang tertulis di
poster 2 berdasarkan kosa kata yang telah diartikan pada
instruksi 5 di tabel berikut
ini!
Kalimat Larangan
|
Arti
|
|
|
7.
Instruksi 7: rumuskan dan tuliskan fungsi dan konstruksi dari
kalimat pada poster 2 di
tabel berikut ini!
Fungsi
|
Ciri-Ciri
|
Kalimat untuk
menyatakan…..
|
Pola
kalimat:
|
例:
~で~で/てはいけません。
|
|
Kelas
kata yang dimasukkan ke bagian kosong di pola kalimat
|
|
例:
~(kata benda tempat)で~(kata kerja)で/てはいけません。
|
8.
Instruksi 8; analisis
dan tuliskan isi
setiap struktur teks transaksional yang telah didekontruksi (lihat instruksi 4)
di tabel berikut ini!
Rumusan isi bagian Pembuka
|
Sapaan
Permintaan izin/maaf
|
Rumusan
isi bagian Isi
|
Larangan
Alasan
|
Rumusan
isi bagian Penutup
|
Ucapan terima kasih
|
9.
Instruksi 9;
perhatikan gambar dan teks transaksional, analisis dan tuliskan arti teks transaksional
berdasarkan data yang telah di dapat dari instruksi 5 hingga instruksi 7 di tabel berikut ini!!
Teks Transaksional
|
Arti
|
|
|
Lampiran 2: Media Pembelajaran
Poster 1 (Teks Transaksional)
|
Poster 2 (Kalimat Larangan)
たちながらたべてはいけません。
|
|
たちながらのんではいけませんん
|
|
すわりながらあしをひろげてはいけません。
|
|
たべながらはなしてはいけません
|
|
ひだりてでたべてはいけません
|
|
ひだりてでなにかをあげてはいけません
|
|
ひだりてでバースをよんではいけません
|
|
ひだりてでなにかをもらってはいけません
|
|
ひだりてでひとをさしてはいけません
|
|
Gambar (Kosa Kata)
たち(ながら)
|
|
はなして
|
|
すわり(ながら)
|
|
(あしを) ひろげて
|
|
あし(を)
|
|
たべて/たべ(ながら)
|
|
あげて ― もらって
|
|
さして
|
|
のんで
|
|
ひだりて(で)
|
|
Lampiran 3: Tugas: Media untuk Tugas Take
Home
Instruksi: Tulislah sebuah teks
transaksional (larangan) berdasarkan gambar berikut ini!
|
No comments:
Post a Comment