Saturday, April 14, 2012

Analisis Tes Bahasa Jepang Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang Semester Genap Tahun Ajaran 2010

I.    Pendahuluan

Hasibu qabla antuhasabu,  hitunglah dirimu sebelum menghitung orang lain.  Ungkapan yang terkenal di jazirah Arab ini awalnya merupakan anjuran agar sebagai manusia kita dianjurkan untuk memeriksa diri sendiri sebelum memeriksa orang lain dalam konteks keagamaan.  Akan tetapi, pada hakikatnya ajaran yang disampaikan ini bisa diterapkan di seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan.  Pendek kata, sebagai guru, sudah seharusnya kita menilai dulu dir kita dalam artian mampersiapkan segala sesuatunya sebelum mengajar, sebelum nantinya menyalahkan siswa karena tidak bisa menjadi atau mencapai seperti apa yang kita kriteriakan.  Terutama dalam hal persiapan sebelum mengajar dan pada tahap evaluasi atau penilaian.  Kita sudah seharusnya memastikan tes yang kita buat baik sebelum menjadikannya sebagai acuan untuk mematok kemampuan siswa.  


II.    Pembahasan

Profil Tes

Sejak tahun 2004, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang mengadakan pembelajaran bahasa Jepang sebagai salah satu bagian dari Mata Kuliah Keterampilan (MKK).  Dan sejak tahun itu pula dipilihlah buku teks Minna no Nihongo I sebagai bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu, tes ini penulis susun berdasarkan buku teks Minna no Nihongo I dan diujikan kepada mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Padang yang mengambil mata Kuliah Bahasa Jepang.
Tes ini merupakan tes Objektif yang terdiri dari 30 butir soal.  Tiap butir soal penulis beri bobot tiga (3) dengan rincian; poin tiga (3) untuk jawaban yang benar dan poin nol (0) untuk jawaban yang salah atau untuk yang tidak ada jawaban sama sekali.  Akan tetapi, untuk kepentingan analisa ini, penulis hanya mengambil data dari mahasiswa yang memberikan jawaban kepada semua butir soal, sementara untuk mahasiswa yang tidak memberikan jawaban (meskipun hanya satu butir soal), tidak penulis ikutkan sebagai data.  Karena itu, jumlah data terdiri dari tiga puluh (30) orang mahasiswa.  Berikut pemaparan analisis tes Bahasa Jepang yang diujikan pada Jumat, 18 Juni 2010:

1.    Reliabilitas

Djiwandono (2008: 170) mengatakan bahwa reabilitas hanya bisa dinyatakan secara empirik melalui angka-angka statistik. Sehubungan dengan itu, data analisis tes ini menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas tes ini ditunjukkan oleh angka 0,79, dengan korelasi X-Ynya 0,66.  Angka o,79 mengandung makna bahwa reliabilitas tes ini adalah baik karena berada di atas 50%, sedangkan korelasi X-Y atau korelasi antara skor butir dengan skor totalnya berada pada tingkat 66% dan juga mengandung makna baik.

2.    Kelompok Unggul dan Kelompok Lemah

Kelompok unggul merupakan kelompok mahasiswa yang perolehan skornya secara menyeluruh tinggi, artinya mereka mampu menjawab banyak butir soal dengan benar, sedangkan kelompok lemah merupakan kelompok mahasiswa yang perolehan skornya secara menyeluruh rendah, artinya, hanya mampu menjawab dengan benar sedikit dari butir soal yang diujikan (Djiwandono, 2008: 221).
Pada tes ini, instrumen yang digunakan menunjukkan, dari 30 peserta terdapat delapan (8) orang yang digolongkan kedalam kelompok unggul dan delapan (8)orang pula yangg digolongkan dalam kelompok lemah.  Sementara sisanya merupakan kelompok dengan kemampuan menengah, yang terdiri dari 14 orang.  Kelompok unggul ini hanya rendah skornya pada soal butir empat (4) dan 13, yaitu hanya mampu dijawab oleh tiga (3) orang untuk soal butir empat dan dua (2) orang untuk butir 13.  Lebih tinggi dari kelompok lemah yang hanya bisa menjawab dengan benar dua (2) orang untuk butir empat (4) dan tidak ada yang bisa menjawab dengan benar yang butir 13.

3.    Daya Pembeda

Daya pembeda membantu kita untuk mengetahui kemampuan butir soal dalam membedakan peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar dengan yang tidak mampu menjawab dengan benar.  Dari sisi daya pembeda ini, Djiwandono (2008: 221) mengatakan bahwa sebuah tes dianggap baik, apa bila kelompok peserta unggul (mereka yang bernilai tinggi), jumlah dari mereka yang bisa menjawab suatu butir soal dengan benar lebih banyak dari pada kelompok asor (lemah) yang bisa menjawab dengan benar.
Dari data yang dianalisis, dari tiga puluh (30) peserta terdapat  delapan (8) peserta kelompok unggul dan delapan (8) kelompok yang lemah.  Dari tiga puluh butir soal yang diujikan, kelompok unggul bermasalah pada soal butir empat (4), ditunjukkan oleh jumlah peserta unggul yang mampu menjawab dengan benar hanya berjumlah tiga (3) orang, dan pada soal butir 13, ditunjukkan oleh jumlah peserta yang bisa menjawab dengan benar hanya dua (2) orang.  Untuk soal butir empat (4) dan 13 ini, kelompok asor (lemah), jumlah yang bisa menjawab dengan benar hanya dua (2) orang untuk soal butir empat (4), dan untuk soal butir 13, tidak ada sama sekali dari kelompok asor yang bisa menjawab.
Dari sisi kelompok asor, karena “asor”, maka penulis melihat daya pembedanya dari nilai baiknya (dari butir soal yang kelompok mereka sebagian besar bisa menjawab dengan benar).  Kelompok ini bagus pada soal butir 1, 2, 7, 10, 12, 14, 18, 19, 21,23.  Butir 1=5 orang, butir 2=7 orang, butir 7=7 orang, butir 10=7 orang, butir 12=5 orang, butir 14=8 orang, butir 18= 8 orang, butir 19=5 orang, butir 21=6 orang, 23=8 orang.  Jika dibandingkan dengan kelompok unggul, butir 1=8 orang, butir 2=8 orang, butir 7=8 orang, butir 10=8, 12=8 orang, butir 14=8 orang, butir 18=8 orang, butir 19=8 orang, butir 21=8 orang, butir 23=8 orang. 
Dari penjelasan di atas dapat diasumsikan bahwa butir tes ini secara umum memiliki daya pembeda yang cukup baik, ini diindikasikan oleh lebih tingginya daya kemampuan kelompok unggul dalam menjawab soal dengan benar dibandingkan dengan daya kemampuan kelompok yang lemah (asor).  Khususnya, pada kemampuan menjawab soal yang tingkat kesukarannya tinggi (butir 4 dan 13) dan yang tingkat kesulitannya rendah (butir 1, 2, 7, 10, 12, 14, 18, 19, 21,23).

4.    Tingkat kesukaran

Analisis tingkat kesukaran dilakukan untuk mencari tahu seberapa sulitkah kualitas tes yang telah diujikan, baik secara keseluruhan maupun menurut setiap butir tes.  Asumsinya, semakin banyak peserta yang mampu menjawab butir soal dengan benar, maka butir soal tersebut dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang rendah, dan semakin sedikit peserta yang mampu menjawab butir soal tersebut dengan benar, maka dikatakan bahwa butir soal yang diujikan tersebut tinggi tingkat kesulitannya tingkat kesulitannya (djiwandono: 2008: 218).
Dari tes yang telah penulis susun dan ujikan, data menunjukkan bahwa tingkat kesulitan tes tersebut terdiri dari; 1) sangat mudah, 2) mudah, 3) sedang, dan 4) sukar.  Nilai sangat mudah terdiri dari 11 butir, yaitu; butir 2, 7, 10, 14, 18, 19, 21, 23, 24, 27, 29.  Tingkat kesukarannya berada pada rentang 86,67% sampai 100%.  Nilai mudah terdiri dari tujuh (7) butir, yaitu; butir 1, 3, 5, 9, 12, 15, 26., dengan tingkat kesukaran berada pada rentang 73,33% sampai 83,33%.  Nilai sedang terdiri dari sembilan (9) butir, yaitu; butir 6, 8, 11, 16, 20, 22, 25, 28, 30, dengan rentang antara 36,67% sampai 70,00%.  Sedangkan nilai sukar terdiri dari tiga (3) butir, yaitu; butir 4, 9, dan 17, dengan rentang tingkat kesulitan dari 23,33% sampai 30,00%.
Dari data tersebut, poin yang paling menarik dan tentunya menjadi poin yang harus diperhatikan demi proses perbaikan dalam pembuatan tes yang baik adalah ditemukannya jumlah butir soal pada tingkat kesukaran antara jenjang soal (terutama antara yang mudah dan yang sukar) yang tidak seimbang.  Hal ini tentunya kurang baik karena akan menimbulkan kesan bahwa soal tidak layak karena terlalu mudah ataupun terlalu mudah. 

5.    Korelasi Skor Butir dan Skor Total

Korelasi skor butir dengan skor total ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok butir tes yang korelasinya bagus (sangat signifikan dan signifikan), dan kelompok butir tes yang korelasinya tidak bagus (-[minus, dan NAN]).  Butir soal yang korelasinya bagus (signifikan dan sangat signifikan) terdiri dari lima belas butir (sangat signifikan=11 butir, signifikan=4 butir), dengan rincian; sangat signifikan merupakan butir 1, 6, 9, 12, 15, 16, 20, 22, 25, 28, 30, dan yang signifikan adalah butir 2, 8, 19, 26.  Sementara itu, butir soal yang korelasinya tidak bagus juga terdiri dari 15 butir (-=11 dan NAN=4), dengan rincian; minus (-) terlihat dari butir 3, 4, 5, 7, 10, 11, 13, 17, 21, 27, 29, dan NAN terlihat pada butir 14, 18, 23, 24.
Dari hasil yang diperlihatkan data tersebut dapat diasumsikan bahwa korelasi tes iini secara menyeluruh tidaklah bagus, tapi tidak pula jelek, tapi, sedang-sedang saja.

6.    Kualitas Pengecoh

Pengecoh merupakan opsi selain kunci.  Sesuai namanya, maka sebuah tes pilihan ganda bisa dikatakan baik jika keberadaan opsi lain berjalan fungsinya dalam mengecoh peserta tes dalam menentukan pilihannya.  Sebab kalau tidak, akan sia-sialah keberadaan opsi lain dan pekerjaan dari si pemnyusun tes itu sendiri.  Oleh karena itu, Djiwandono (2008: 41) mengatakan bahwa opsi pengecoh harus bisa menyaring antara peserta yang benar-benar menguasai materi dengan yang hanya asal-asalan.
Berdasarkan data yang diperoleh, maka kualitas pengecoh pada tes ini bisa dikelompokkan secara umum menjadi baik (sangat baik dan baik), sedang (satu opsi baik, yang satu lagi tidak), dan kurang baik (kurang baik dan buruk).  Pada tes ini, terdapat dua puluh (20) butir soal yang memiliki kualitas pengecoh yang baik, yaitu butir 4, 5, 6, 8, 9, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 19, 20, 21, 22, 25, 26,27, 28, dan 30.  Nilai sedang hanya satu (1) butir, yaitu pada butir 3, yang mana kunci ditunjukkan oleh opsi c yang bisa dijawab dengan benar oleh 22 peserta, sementara opsi b bernilai buruk karena hanya dijawab oleh dua (2) peserta, jauh berbeda dengan opsi a yang berkualitas baik karena dijawab oleh enam (6) orang.  Artinya, opsi a bernilai baik karena mampu mengecoh peserta jauh lebih banyak dari opsi b.
Selanjutnya, data menunjukkan bahwa butir tes yang memiliki kualitas kurang baik terdiri dari sembilan (9) butir, yaitu; butir 1, 2, 7, 10, 14, 13, 23, 24, 29.  Pada umumnya, penyebab rendahnya kualitas pengecoh butir soal ini disebabkan oleh terlalu mudahnya kualitas soal yang bersangkuta. Hal ini dibuktikan dengan hampir seluruh peserta mampu menjawabnya dengan benar, dan hanya satu (1) yang peserta yang tekecoh.  Khusus butir satu (1),  penyebabnya berbeda, disebabkan jumlah peserta yang tertipu oleh kedua opsi berbeda jauh, yaitu satu berbanding lima (1: 5).
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat diinterpretasikan bahwa  sepertiga (10 butir)  dari soal tes yang telah diujikan, ditinjau dari konteks kualitas opsi pengecohannya perlu diperbaiki, khususnya untuk butir yang mengindikasikan bahwa bobot soal tersebut terlalu mudah, sehingga keberadaan opsi lain di luar kunci jadi tidak berfungsi.

III.    Penutup

Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam memberikan penilaian kepada siswa, maka seorang tidak hanya harus mengajar dengan baik dan terstruktur, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk mempersiapkan tes dengan baik.  Tes yang baik itu juga harus diukur terlebih dahulu dengan menggunakan langkah-langkah yang benar sesuai dengan tujuan, materi, dan target pembelajaran atau tes itu sendiri.
Tes yang baik harus memiliki reliabilitas dan korelasi skor butir soal dan skor total yang baik pula (persentasinya di atas 60%), penyebaran skor yang baik, yaitu menyebar mengacu pada kurva normal, kecuali untuk tes kriteria.  Di samping itu, hal lain yang harus diperhatikan, khususnya dalam  pembuatan tes objektif jenis pilihan ganda, yaitu perihal daya pembeda, kualitas pengecoh, dan tingkat kesulitan.
Dengan memperhatikan baik-buruknya komponen-komponen di atas, secara tidak langsung guru telah menunjukkan konsistensi yang tinggi terhadap keobjektifan penilaiannya, sekaligus mengindikasikan proses belajar-mengajar yang baik.

Referensi

Djiwandono, M Soenardi. 2008. Tes Bahasa; Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Hughes Arthur, 2003. Testing for Language Teachers. United Kingdom: Cambridge University Press.

LAMPIRAN I : SOAL


I.    つぎのさくぶんをただしくして、タベルのa、b、c、d、をえらびなさい。
わたし(1・・)あに(2・・)ひとりいます。きのう、かれ(3・・)ともだち(4・・)げしゅく(5・・)きました。かれ(6・・)えいご(7・・)うた(8・・)カセット(9・・)もらいました)。えいご(10・・)わかりません(11・・)、いままでそのうた(12・・)まだききませんでした。
    a.        b.        c.   
1.        の    が    は
2.        が    の    で
3.        で    わ    は
4.        が    と    で
5.        に    の    が
6.        や    から    と
7.        の    は    な
8.        に    の    で
9.        を    で    に
10.        から    の    が
11.        で    から    に
12.        を    は    な


II.    つぎのぶんしょをただして、a,b,c,をひとつえらびなさい。

1.    にほんごーをーUNP―べんきょうしますーでーはーわたした
a.    UNPはにほんごをわたしでべんきょうします。
b.    わたしはUNPでにほんごをべんきょうします。
c.    わたしはにほんごをUNPでべんきょうします。

2.    はーインドネシアじんーですーあのひとーじゃありませんータイじん
a.    あのひとはインドネシアじんじゃありません。タイじんです。
b.    インドネシアじんはあのひとじゃありません。タイじんです。
c.    タイじんはインドネシアじんじゃあっりません。あのひとです。

3.    のーわたしーはーともだちーがーくるまーありません
a.    ともだちはわたしのくるまがありません。
b.    わたしのともだちはくるまがありません。
c.    ともだちのわたしはくるまがありません。

4.    とーいもうとーバンドンーはーリリさんーいきますーへ
a.    いもうとはリリさんへバンドンといきます。
b.    バンドンへいもうととリリさんはいきます。
c.    いもうとはリリさんとバンドンへいきます。

5.    はーかれーですーせまいーとてもーがーげしゅく
a.    かれがげしゅくはとてもせまいです。
b.    かれはげしゅくがとてもせまいです。
c.    げしゅくはかれがとてもせまいです。


III.    つぎのじかんのよみかたをかいて、a,b,cをひとつえらびなさい。

番号    じ    よみかた
1.        6 jam    a.    ろくじ
b.    ろくじかん
c.    ろくじに
2.        Pukul 06.30    a.    ろくはん
b.    ろくはんぶん
c.    ろくじはん
3.        Pukul 06.45    a.    ろくじよんじゅうごふん
b.    ろくじかんよんじゅうご
c.    ろくよんじゅうごふん
4.        Dari 7.20 sampai 12.40    a.    ななにじゅうからじゅうによんじゅうふんまで
b.    ななじにじゅうぷうんからじゅうにじよんじゅうふんまで
c.    ななじにじゅうぷんからじゅうによんじゅうまで
5.        Pukul 10.15    a.    じゅうじじゅうごふん
b.    じゅうごじふん
c.    じゅうぷんごじ


IV.    つぎのことばのはんいごをかいて、a、b、c、をひとつえらびなさい。
    a    b    c
1.    しんせつな    しんせつじゃありません    ふしんせつな    ひしんせつな
2.    ながい    ながくない    ひながい    みじかい
3.    じょうずな    へたな    ふじょうずな    ひじょうずな
4.    ちかい    とおい    せまい    とおくない
5.    ふるい    わるい    あたらしい    やさしい
6.    しずかな    にぎやかな    うるさいな    きたないな
7.    やすい    ひくい    たかい    ひろい
8.    げんきな    まじめな    ひげんきな    びょうきな

LAMPIRAN II : DATA

 SKOR DATA DIBOBOT

Jumlah Subyek   = 30        Bobot jawaban benar = 3
Jumlah butir    = 30        Bobot jawaban salah = 0
Keterangan: data terurut berdasarkan skor (tinggi ke rendah)
No    Kode/Nama      Benar    Salah    Kosong    Skr Asli      Skr Bobot
1    Yendra Ayu    28    2    0            28    84
2    Mia Welfizona         28    2    0            28    84
3    Sovia Wuladari    27    3    0    27    81
4    Renny Maryani         27    3            0    27    81
5    Siska Diani         27    3            0            27    81
6    Ismayanti    26    4      0    26    78
7    Revi Asmita         25    5    0            25    75
8    Resa Oktarina         25    5    0    25    75
9    Ardiansyah         25    5    0    25    75
10    Widya Ningsih         24          6    0            24             72
11    Fitri Yanti         24      6    0    24    72
12    Nike Fardela    23          7      0      23    69
13    Rizki Putri Simarmata    23    7    0    23    69
14    Aldi Salvino         22    8            0    22             66
15    Mirani Syofiar    22    8    0    22             66
16    Yanti Fauziah         22    8    0    22      66
17    Yustizia    21    9      0      21      63
18    Nina Ruspia         21    9    0    21    63
19    Sri Wati Jelita    20    10    0    20    60
20    Karmaini    20    10    0      20    60
21    Selvia Sunarti    20    10    0      20    60
22    Helma Nursakti    20    10    0      20    60
23    Siska Dona    19    11    0    19    57
24    Rannyta Rosyana    19    11    0    19    57
25    Taufik Hidayat    18    12    0            18    54
26    Erliza Lasti Salam    17    13            0      17             51
27    Nola Novita Sari    16    14    0    16    48
28    Rian Fauzi    15    15    0    15    45
29    David Senjaya         15    15    0    15    45
30    Irman    12         18    0    12    36

RELIABILITAS TES

Rata2= 21,70                KorelasiXY= 0,66
Simpang Baku= 4,19            Reliabilitas Tes= 0,79
No    Kode/Nama      Skor Ganjil       Skor Genap       Skor Total
1    Yendra Ayu    13    14    27
2    Mia Welfizona         14    13    27
3    Sovia Wuladari    12    14    26
4    Renny Maryani         13    13    26
5    Siska Diani         12    14    26
6    Ismayanti    12    13    25
7    Revi Asmita         12    12    24
8    Resa Oktarina         12    12    24
9    Ardiansyah         11    13    24
10    Widya Ningsih         10    13    23
11    Fitri Yanti         10    13    23
12    Nike Fardela    10    12    22
13    Rizki Putri Simarmata    9    13    22
14    Aldi Salvino         10    11    21
15    Mirani Syofiar    11    10    21
16    Yanti Fauziah         10    11    21
17    Yustizia    10    11    21
18    Nina Ruspia         10    10    20
19    Sri Wati Jelita    9    11    20
20    Karmaini    8    12    20
21    Selvia Sunarti    9    11    20
22    Helma Nursakti    8    12    20
23    Siska Dona    10    8    18
24    Rannyta Rosyana    8    10    18
25    Taufik Hidayat    7    11    18
26    Erliza Lasti Salam    7               9               16
27    Nola Novita Sari    9            7             16
28    Rian Fauzi    8                7               15
29    David Senjaya         7                7               14
30    Irman    4                8               12
 

Kel Unggul & Asor

Kelompok Unggul

No    Kode/Nama      Skor    1    2    3    4    5    6    7    8    9    10    11
1    Yendra Ayu    28       1       1       1       -       1       1       1       1       1       1       1
2    Mia Welfizona         28       1    1       1       1       1       1       1       1    1       1     1
3    Sovia Wuladari    27       1       1       1       -       1       1       1       1       1       1       1
4    Renny Maryani         27    1    1    1    -       -       1       1       1       1       1       1
5    Siska Diani         27       1       1       1       -       1       1       1       -       1       1       1
6    Ismayanti    26       1     1       1      1       1       -       1       -       1       1       1
7    Revi Asmita         25       1       1       1       1    -      1          1       1       1       1    1
8    Resa Oktarina         25       1       1       1       -     1       1          1       1       1       1    1
    Jml Jwb Benar                 8       8       8       3       6       7       8       6       8       8       8

 No.Urut  Kode/Nama Subyek  12  13  14  15  16  17  18  19  20  21  22  23
No    Kode/Nama      12    13    14    15    16    17    18    19    20    21    22    23
1    Yendra Ayu    1       -       1       1       1       1       1       1       1       1       1       1
2    Mia Welfizona         1       -       1     1    1    -      1       1       1       1       1       1
3    Sovia Wuladari    1       -       1       1       1       1       1       1       1       1       1       1
4    Renny Maryani         1       -       1       1       1       1       1       1       1       1       1       1
5    Siska Diani         1       1       1       1       1       -       1       1       1       1       1       1
6    Ismayanti    1       -       1       1       1       -       1       1       1       1       1       1
7    Revi Asmita         1       1       1       1       1       -       1       1       1       1       1       1
8    Resa Oktarina         1    -       1       1       1       -       1       1       1       1       -       1
    Jml Jwb Benar       8       2       8       8       8       3       8       8       8       8       7       8

 No.Urut  Kode/Nama Subyek  24  25  26  27  28  29  30
No    Kode/Nama      24    25    26    27    28    29    30
1    Yendra Ayu    1       1       1       1      1       1       1
2    Mia Welfizona         1       1       1       1       1       1       1
3    Sovia Wuladari    1       1       1       1       -       1       1
4    Renny Maryani         1       1       1       1       1       1       1
5    Siska Diani         1       1       1       1       1       1       1
6    Ismayanti    1       1       1      1       1       1       1
7    Revi Asmita         1       -       -       1       -       1       1
8    Resa Oktarina         1       -       1       1       1       1       1
    Jml Jwb Benar       8       6     7       8       6       8       8

Kelompok Asor

 No.Urut  Kode/Nama Subyek  Skor   1   2   3   4   5   6   7   8   9  10  11 
No    Kode/Nama      Skor    1    2    3    4    5    6    7    8    9    10    11
1    Siska Dona    19       1       1       1       1       1       -       -       1       1       -       -
2    Rannyta Rosyana    19       1       1       -       -       1       -       1       -       1       1       -
3    Taufik Hidayat    18       1       1       -       -       1       -       1       -       1       1       1
4    Erliza Lasti Salam    17       1       1       -       1       -       -       1       -       -       1       1
5    Nola Novita Sari    16       1       1       -       -       1       -       1       -       1       1       -
6    Rian Fauzi    15       -       1       1       -       -       1       1       -       -       1       1
7    David Senjaya         15       -       1       1       -       -       -       1       1       -       1       -
8    Irman    12       -       -       1      -       -       -       1       -       -       1       1
    Jml Jwb Benar                 5       7       4       2       4       1       7       2       4       7       4

 No.Urut  Kode/Nama Subyek  12  13  14  15  16  17  18  19  20  21  22  23
No    Kode/Nama      12    13    14    15    16    17    18    19    20    21    22    23
1    Siska Dona    1       -       1       -       -       1       1       -       1       -       1       1
2    Rannyta Rosyana    1       -       1       1       1       -       1       1       -       1       -       1
3    Taufik Hidayat    1       -       1       1       1       -       1       1       -       1       -       1
4    Erliza Lasti Salam    -       -       1       -       -       -       1       -       -       1       1       1
5    Nola Novita Sari    1       -       1       -       1       -       1       1       -       1       -       1
6    Rian Fauzi    -       -       1       -       1       -       1       1       -       -       -       1
7    David Senjaya         1       -       1       1       -       -       1       -       -       1       -       1
8    Irman    -       -       1       -       -       -       1       1       -       1       -       1
    Jml Jwb Benar             5       0       8       3       4       1       8       5       1       6       2       8

No.Urut  Kode/Nama Subyek  24  25  26  27  28  29  30
No    Kode/Nama      24    25    26    27    28    29    30
1    Siska Dona    1       -       1       1       -       1       1
2    Rannyta Rosyana    1       -       1       1       -       1       1
3    Taufik Hidayat    1       -       -       1       -       1       -
4    Erliza Lasti Salam    1       -       1       1       1       1       1
5    Nola Novita Sari    1       -       -       1       -       1       -
6    Rian Fauzi    1       1       1       -       -       1       -
7    David Senjaya         1       -       -       1       -       1       1
8    Irman    1       -       -       1       -       1       -
    Jml Jwb Benar       8       1       4       7       1       8       4
          

DAYA PEMBEDA

Jumlah Subyek= 30             Butir Soal= 30             Kelompok atas/bawah(n)= 8           
   No. Butir    Kel. Atas      Kel. Ba wah    Beda    Indeks DP (%)
1    8                                5    3    37,50
2    8               7                 1        12,50
3    8               4          4               50,00
4    3               2          1               12,50
5    6               4          2               25,00
6    7               1          6               75,00
7    8               7          1               12,50
8    6               2          4               50,00
9    8               4          4               50,00
10    8               7          1               12,50
11    8               4          4               50,00
12    8               5          3               37,50
13    2               0          2               25,00
14    8               8          0                0,00
15    8               3          5               62,50
16    8               4          4               50,00
17    3               1          2               25,00
18    8               8          0                0,00
19    8               5          3               37,50
20    8               1          7               87,50
21    8               6          2               25,00
22    7               2          5               62,50
23    8               8          0                0,00
24    8               8          0                0,00
25    6               1          5               62,50
26    7               4          3               37,50
27    8               7          1               12,50
28    6               1          5               62,50
29    8               8          0                0,00
30    8               4          4               50,00

TINGKAT KESUKARAN

Jumlah Subyek= 30
Butir Soal= 30
No Butir      Jml Betul      Tkt. Kesukaran(%)          Tafsiran
1    24                  80,00             Mudah
2    29                  96,67      Sangat Mudah
3    22                  73,33             Mudah
4    9                  30,00             Sukar
5    23                  76,67             Mudah
6    14                  46,67           Sedang
7    29                  96,67      Sangat Mudah
8    11                  36,67            Sedang
9    22                  73,33             Mudah
10    29                  96,67      Sangat Mudah
11    21                  70,00            Sedang
12    25                  83,33             Mudah
13    9                  30,00             Sukar
14    30                 100,00      Sangat Mudah
15    23                  76,67             Mudah
16    20                  66,67            Sedang
17    7                  23,33             Sukar
18    30                 100,00      Sangat Mudah
19    26                  86,67      Sangat Mudah
20    19                  63,33            Sedang
21    26                  86,67      Sangat Mudah
22    13                  43,33            Sedang
23    30                 100,00      Sangat Mudah
24    30                 100,00      Sangat Mudah
25    17                  56,67            Sedang
26    22                  73,33             Mudah
27    27                  90,00      Sangat Mudah
28    14                  46,67            Sedang
29    29                  96,67      Sangat Mudah
30    21                  70,00            Sedang

KORELASI SKOR BUTIR DENGANG SKOR TOTAL

Jumlah Subyek= 30        Butir Soal= 30
No Butir      Korelasi              Signifikansi
1                       0,530         Sangat Signifikan
2                     0,438                Signifikan
3                     0,322                         -
4                     0,101                         -
5                     0,343                        -
6                     0,506         Sangat Signifikan
7                     0,122                         -
8                     0,392                Signifikan
9                     0,524         Sangat Signifikan
10                     0,122                       -
11                     0,341                         -
12                     0,489         Sangat Signifikan
13                     0,118                         -
14                          
15                          0,534    Sangat Signifikan
16                     0,481         Sangat Signifikan
17                     0,270                         -
18                       NAN                       NAN
19                     0,376                         Signifikan  
20     0,600         Sangat Signifikan
21                   0,257                        -
22                     0,538         Sangat Signifikan
23                       NAN                      NAN
24                       NAN                      NAN
25                     0,557         Sangat Signifikan
26                     0,377                Signifikan
27                                       0,219               -
28                     0,539         Sangat Signifikan
29                    -0,014                         -
30                     0,588         Sangat Signifikan

 Catatan: Batas signifikansi koefisien korelasi sebagaai berikut:
           df (N-2)  P=0,05  P=0,01     df (N-2)  P=0,05  P=0,01
              10     0,576   0,708         60     0,250   0,325
              15     0,482   0,606         70     0,233   0,302
              20     0,423   0,549         80     0,217   0,283
              25     0,381   0,496         90     0,205   0,267
              30     0,349   0,449        100     0,195   0,254
              40     0,304   0,393        125     0,174   0,228
              50     0,273   0,354       >150     0,159   0,208
           Bila koefisien = 0,000  berarti tidak dapat dihitung.

KUALITAS PENGECOH

Jumlah Subyek= 30         Butir Soal= 30
No Butir    a    B    C    *        No Butir    a    B    C    *
1     5-    1-    24**    0        16    7+         3+       20**         0
2    29**    1--    0--    0        17    14++        7**        9++          0
3    6+    2-    22**    0        18    0       30**          0          0
4    13++    9**    8++    0        19    2++        2++       26**          0
5    5+          2+    23**              0        20    19**        5++        6++          0
6    7++          9++       14**        0        21    2++       26**        2++          0
7    29**        0--        1--          0        22    13**    8++     9++          0
8    8++       11**       11++          0        23    0       30**          0          0
9    22**        5++         3+          0        24    0          0       30**          0
10    0--        1--       29**          0        25    17**        6++        7++          0
11    6+       21**         3+          0        26    22**         3+        5++          0
12    25**        3++        2++          0        27    2+       27**         1+          0
13    13++        9**        8++          0        28    14**        11+         5+          0
14    30**          0          0          0        29    1--       29**        0--          0
15    2+       23**         5+          0        30    3+         6+       21**          0
    

Keterangan:

** : Kunci Jawaban        ++ : Sangat Baik
+  : Baik                -  : Kurang Baik
-- : Buruk            ---: Sangat Buruk

No comments:

Post a Comment